SOAL UKK 2015/2016



 


 
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

 SOAL UJIAN PRAKTIK KEJURUAN


Satuan Pendidikan               :           Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian         :           Rekayasa Perangkat Lunak
Kode                                    :           2072
Alokasi Waktu                    :           24 jam
Bentuk Soal                        :           Penugasan Perorangan

 


I.       PETUNJUK UMUM
1.    Periksalah dengan teliti dokumen soal ujian praktik, yang terdiri dari 4 halaman.
2.    Baca dan pahami maksud soal agar tidak terjadi kesalahan pekerjaan.
3.    Bekerjalah dengan memperhatikan jadwal dengan alur pengerjaan.
4.    Peralatan utama dan bahan telah disediakan sesuai dengan kebutuhan.
5.    Dalam bekerja selalu memperhatikan keselamatan kerja

ii.      Keselamatan Kerja
1.    Berhati-hati terhadap daya listrik PLN
2.    Gunakan perangkat keselamatan kerja
3.    Periksa komponen sebelum dipasang digunakan
4.    Gunakan alat sesuai dengan fungsinya.

III.       DAFTAR PERALATAN, KOMPONEN, DAN BAHAN


No.
Nama
Alat/Komponen/Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5

Alat Tes /Alat tangan



1.
Komputer (PC/Laptop)
-       Prosesor : Dual Core 2,4 GHz
-       RAM : 512 MB
-       Keyboard
-       Mouse
-       Monitor


2.
Software Programming
-       OS Windows/Linux
-       Web Server Application (Apache/Tomcat/IIS)
-       Server-side programming Language (PHP/Java/ASP/ASP.NET)
-       Server-side programming Application (Notepad++/Eclipse/ Netbeans)


3.
Software Desain web
Adobe Photoshop CS 3/GIMP/Corel Draw


4.
Switch Cable
4 Port
1

5.
Wireless Access Point
802.11 b/g/n
1

6.
Komputer Server
-       Prosesor : Dual Core 2,4 GHz
-       RAM : 512 MB
-       Keyboard
-       Mouse
-       Monitor
1

7.
Printer
Bebas
2

8.
Crimping Tool

1

9.
Kabel UTP
Terkoneksi RJ-45
4

10.
Software Server
-       OS Windows/Linux
-       Web Server Application (Apache/Tomcat/IIS)
-       Server-side programming Language (PHP/Java/ASP/ASP.NET)
-       Server-side programming Application (Notepad++/Eclipse/ Netbeans)
1


Bahan



1.
Data User
Deskripsi

Data
2.
Data Booking
Deskripsi

Data
3.
Data Ticket
Deskripsi

Data
4.
DataTicket Type
Deskripsi

Data
5.
Data Payment
Deskripsi

Data
6.
Data Venue
Deskripsi

Data
7.
Data Show
Deskripsi

Data
8.
Data Seat
Deskripsi

Data
9.
Kertas HVS 80gram
Jumlah


10.
CD RW
Jumlah


11.
Tinta Printer
Jumlah

menyesuaikan tipe printer


IV.        SOAL/TUGAS


Membuat Aplikasi Ticketing Berbasis Web/Desktoppada Jaringan Intranet
A.      LANGKAH KERJA
1.         Mengecek semua perangkat (hardware dan softawe) sesuai kebutuhan untuk server dan client
2.      Menginstal dan mengkonfigurasi software utama dan pendukung sesuai kebutuhan.
3.      Mengecek hasil instalasi software utama dan pendukung.
4.         Membuat (PDM: Physical data Model) untuk “Sistem Ticketing” menggunakan perangkat yang telah disiapkan dari CDM (Conceptual Data Model) seperti terlihat dalam gambar di bawah.
5.         Menyesuaikan tipe dan ukuran data dengan DBMS (software manajemen data/database) yang dipakai dan kebutuhannya
6.         Membuat view atau query dari satu atau beberapa tabel yang akan digunakan untuk menampilkan informasi melalui aplikasi dekstop dan atau eksekutif information sistem.
7.         Masukkan beberapa data melalui DBMS yang telah tersedia
8.         Melakukan coding aplikasi berbasis desktop meliputi beberapa user interface yang digunakan oleh operator dan dokter  untuk memanipulasi database (tambah, edit, hapus, pencarian, dan laporan (report) data.
a.         Membuat menubar dan atau sub menu yang meliputi antara lain: login/logout, entri data, version, help/info.
b.        Membuat toolbar untuk mengakses user interface.
c.         Membuat user interface untuk memanipulasi tabel (tambah, edit, hapus, pencarian)
d.        Mengkoneksikan aplikasi (interface) ke database server.
9.         Melakukan coding aplikasi berbasis web meliputi beberapa user interface yang digunakan oleh manajemen klinik untuk memonitor kondisi klinik
a.         Membuat halaman utama web (home).
b.        Membuat hyperlink.
c.         Membuat atau mengedit gambar, logo atau animasi sebagai header atau banner halaman utama sesuai kebutuhan
d.        Membuat user interface untuk memamanipulasi tabel (tambah, edit, hapus, pencarian)
e.         Membuat user interface untuk menampilkan informasi eksekutif.
f.         Mengkoneksikan aplikasi ke database server.
10.     Membuat report
11.     Menguji aplikasi di komputer client maupun perangkat mobile melalui browser

B.       PERATURAN KERJA
1.    Ketentuan titik berat program pada :
a. Security acces data;
b. Pembatasan acces end user sesuai dengan kepentingan;
c. Kompleksitas layanan yang dapat disajikan;
d. Kesesuaian tampilan dan fungsi tiap-tiap halaman/form.
2.    Program harus dapat diakses oleh seluruh computer client yang ter-connect pada jaringan intranet. Adapun batasan pembuatan program ialah:
a.    Aplikasi dekstop : Source code sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipakai.
b.    Aplikasi web : Source code dalam bentuk HTML
c.    Mempunyai data base.
d.   Adanya/terdapat report.



V.           GAMBAR KERJA


Conceptual data Model







“SELAMAT&SUKSES”

1 comment: Leave Your Comments

  1. Terimakasih Pak sudah sharing.
    Ada tambahan soal lainya Pak?. Hehehe untuk persiapan ukk

    ReplyDelete

More

Whats Hot