download :
http://www.4shared.com/office/uks-wZ9xce/2072-KST-Rekayasa_Perangkat_Lu.html?
DOKUMEN NEGARA
http://www.4shared.com/office/uks-wZ9xce/2072-KST-Rekayasa_Perangkat_Lu.html?
DOKUMEN NEGARA
|
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
KISI-KISI SOAL TEORI KEJURUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah
Menengah Kejuruan Kompetensi
Keahlian : Rekayasa
Perangkat Lunak Kode : 2072
Alokasi Waktu : 120 menit
No.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
xx
|
Kemampuan
yang Diuji
|
1
|
Merakit Personal Computer
|
1
|
Mengidentifikasi macam-macam periferal
dan
fungsinya
|
2
|
Mendiagnosis sumber kesalahan saat
instalasi
komponen PC
|
||
3
|
Mendiagnosis sumber kesalahan saat
pemasangan
periferal
|
||
2
|
Melakukan instalasi Sistem Operasi
dasar
|
4
|
Mendeskripsikan proses
booting sistem
operasi
open source
|
5
|
Menganalisis proses
booting sistem operasi
open
source
|
||
6
|
Menganalisis solusi dari malfungsi
atau
ketidaksempurnaan
instalasi Sistem Operasi
|
||
3
|
Menerapkan keselamatan,
kesehatan
kerja, dan lingkungan hidup (K3LH)
|
7
|
Menerapkan prosedur K3
|
8
|
Menerapkan ketentuan pertolongan pertama
pada
kecelakaan
|
||
4
|
Menerapkan teknik elektronika
analog
dan digital dasar
|
9
|
Menghitung besaran
listrik pada suatu
rangkaian elektronika
|
10
|
Menerapkan elektronika digital pada
pemrograman
komputer
|
||
11
|
Menerapkan konsep
elektronika digital
|
||
5
|
Menerapkan algoritma
|
12
|
Menganalisa logika
pemrograman
|
6
|
Menerapkan algoritma
pemrograman
tingkat lanjut
|
13
|
Menganalisa hasil pemograman dengan
|
14
|
Menganalisa hasil pemrograman
menggunakan
fungsi
|
||
7
|
Membuat basis data
|
15
|
Menganalisa diagram hubungan keterkaitan
dan
kardinalitas antar entitas (ERD)
|
16
|
Menormalisasi struktur
basis data
|
||
8
|
Menerapkan aplikasi basis data
|
17
|
Menerapkan SQL aplikasi basis data
|
18
|
Menganalisis obyek query
|
||
9
|
Menerapkan paket software
aplikasi
berbasis desktop
|
19
|
Menentukan penggunaan komponen/control
pada
toolbox
|
10
|
Membuat paket software aplikasi
berbasis
desktop
|
20
|
Menerapkan perintah yang menghubungkan
aplikasi
dengan basis data
|
11
|
Mengoperasikan sistem
operasi
|
21
|
Menentukan jenis-jenis protokol digunakan
dalam
jaringan
|
No.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kemampuan
yang Diuji
|
|
22
|
Mengidentifikasikan ketersambungan
jaringan
|
||
12
|
Menerapkan bahasa pemograman
|
23
|
Mengoperasikan tabel dan view
|
24
|
Menentukan penggunaan alat-alat
pemrograman
SQL Server
|
||
13
|
Menerapkan bahasa pemograman
|
25
|
Menentukan pengoperasian tabel dan view
|
14
|
Menerapkan dasar-dasar web statis
|
26
|
Menerapkan tabel pada web HTML
|
27
|
Menerapkan link pada web HTML
|
||
28
|
Menentukan
penyimpanan dokumen
|
||
29
|
Menentukan pengujian dokumen
|
||
30
|
Menentukan
penambahan fungsi pada
hal
web
dinamis
|
||
16
|
Merancang aplikasi
teks dan
|
31
|
Menerapkan pointer
|
17
|
Menggunakan bahasa pemograman
|
32
|
Menerapkan class, method, pewarisan
dalam
pemrograman
|
18
|
Merancang program
aplikasi web
berbasis
objek
|
33
|
Menerapkan fungsi
dalam program apliksi
web
berbasis objek
|
19
|
Merancang program
aplikasi web
|
34
|
Menerapkan program aplikasi class, method
dalam
Java
|
20
|
Membuat aplikasi berbasis data
|
35
|
Menerapkan ERD
|
21
|
Mengintegrasikan basis data
dengan
sebuah web
|
36
|
Menerapkan koneksi basis data dengan web
|
22
|
Membuat program basis data client
|
37
|
Menerapkan koneksi basis data client server
|
23
|
Membuat aplikasi web berbasis
|
38
|
Menerapkan
penyimpanan kondisi pada
|
Soal Prediksi sesuai Urutan SKL,
Peripheral
Komputer secara umum terbagi 3 yaitu :
1. PERALATAN MASUKAN (Input
Device)
Peralatan masukan berfungsi sebagai media untuk memasukkan data
dari luar system ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang di perlukan.
Fungsi: memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang
diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
2. Mouse
Fungsi:
untuk memindahkan pointer atau kursor. Selain itu, selain itu perintah praktis
dan cepat dibanding dengan keyboard.
3. Light Pen
Fungsi: Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor
elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca
kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.
4. Track Ball
Fungsi: sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada
trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus
digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus
kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat.
Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran.
Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.
5. Touch pad
Fungsi: sebagai pengganti mouse pada laptop/notebook.
6. Joy Stick
Fungsi: untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan
pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.
7. Joy pad/Game pad
Fungsi: sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan
kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga
bisa berfungsi sebagai mouse.
8. Microphone
Fungsi : untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer dan untuk berbicara saat sedang chatting.
9. Webcam
Fungsi untuk mengambil gambar/video untuk ditransfer ke internet.
10. Scanner
Fungsi:
untuk menyalin/mengambil gambar file dari luar komputer yang hasilnya akan
ditampilkan di komputer.
11. Disc Drive
Fungsi:
Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau
berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita
seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita
akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program,
menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD
atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray,
atau lain sebagainya.
12. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis
tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode
ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan
buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
13. Digital Camera
Fungsi: Menangkap obyek gambar yang akan ditampilkan ke layar
komputer untuk diproses lebih lanjut.
2. PERALATAN PEMROSESAN
(Processing Device)
Peralatan proses merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi ke peralatan Output.
1. Motherboard
Fungs:sebagai
tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan lain seperti:
Processor, memory, kabel-kabel data (penghubung) hardisk, Flopy disk, Card
(kartu) sepeti: VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lain sebagainya.
2. Processor
Fungsi: sebagai otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat
lain sehingga komputer dapat bekerja satu dengan lainya.
3. RAM (random acces memory)
Fungsi: untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang
sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau
random.
4. Video Card
Fungsi: untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di
monitor.
5. Sound Card
Fungsi: sebagai pengolah data berupa audio atau suara dan sebagai
penghubung alat input/output suara ke komputer.
6. Hardisk
fungsi: Menjalankan seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja
kantor serta menyimpan setiap data dan informasi.
7. ROM (read only memory)
fungsi: Untuk menyimpan file bersifat sementara.
3. PERALATAN KELUARAN (Output
Device)
Peralatan
keluaran atau output device merupakan hasil daripada pemprosesan data.
1. Monitor
Fungsi: untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam
bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.
2. Speaker
Fungsi: untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari
komputer.
3. Printer
Fungsi: untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.
4. Ploter
Digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti
gambar mesin dan konstruksi bangunan.
5. Infocus
Kesalahan - kesalahan dalam
menginstall windows :
1.
Tidak menyesuaikan kebutuhan, semua program di install tanpa
memperhatikan apakah memang diperlukan tidak.
2.
Tidak menyesuaikan spesifikasi hardwarenya, misalnya di komputer
pentium II kita install windows XP / Vista, atau komputer yang mempunyai ram/
memory kecil dinstall program yang berat-berat.
3.
Setelah melakukan instalasi langsung membuka data yang ada di
partisi lain, karena kemungkinan besar mengandung virus.
4.
Tidak melengkapi antivirus terlebih dahulu, tapi sudah
menginstal program2 yang menggunakan keygen yang bisa jadi mengandung virus.
5.
Memasukan flasdisk atau external disk ke komputer tanpa
menginstall antivirusnya dulu, mungkin bermaksud mengambil program yang ada di
dalam flasdisk tersebut, karena bisa jadi virus akan masuk.
Diantara penyebab permasalahan
pada proses perakitan PC yaitu:
· pemasangan memori kurang tepat
· pemasangan AGP dan VGA
yang kurang pas
· pemasangan kabel Hard Disk kurang pas
· pemasangan kabel data disk drive
kurang tepat
· pemasangan panel tidak pas
Booting tidak sempurna.
· Memastikan bahwa komputer sudah
terhubung listrik
· Periksa kondiisi saklar pengatur
voltage
· Periksa apakah kabel komputer sudah
terhubung dengan baik dengan CPU
· Saklar kabel power dan kabel lampu/LED
sudah tersambung dengan cassing dan motherboard.
· Periksa apakah kabel pheripheral dan
kabel pin terhubung dengan baik.
Operating system bekerja tetapi
proses booting tidak sempurna
· Periksa apakah fungsi BIOS /CMOS,
khususnya menu booting pastikan komponen terpasang sudah terdeteksi dan
komponen booting utama sudah diseleksi dengan tepat.
· Bila booting berhenti secara acak maka
kemungkinan permasalahan terjadi pada hardware.
· Jalankan SCANDISK lalu lakukan
perbaikan.
· Ganti unit dengan Hard Disk baru, dan
lakukan instalasi ulang software.
· Periksa apakah prosesor dan kipas
berjalan dengan baik, karena suhu prosesor yang terlalu tinggi akan
mengaktifkan Thermal Trip
Saat komputer booting, ternyata
monitor blank dan hanya terdengar bunyi bip normal sekali dari casing.
Penyebab
· Pemasangan kabel data dari monitor ke
kartu grafis masih kendur atau tidak pas.
· Slot kartu grafis tidak terpasang
sempurna pada slot yang ada di motherboard.
· Kartu grafis rusak.
Solusi
· Pastikan kabel data monitor terpasang
dengan baik dan bear sehingga tidak kendur.
· Cabut kartu grafis dari slot
motherboard dan coba pasang kembali dengan baik dan benar.
· Coba gunakan kartu grafis yang lain untuk
memastikan kondisi kartu grafis yang ada rusak atau tidak.
Komputer mengeluarkan suara bip
panjang berkali-kali saat booting.
Penyebab
· Pemasangan RAM yang tidak pas pada
slot RAM yang ada di motherboard.
· RAM yang digunakan tidak cocok dengan
motherboard yang ada. Arau menggunakan dua keping RAM dengan tipe berbeda.
· RAM rusak.
Solusi
· Lepaskan kembali RAM dari slot pada
slot motherboard, kemudian pasangkan kembali dengan baik dan benar.
· Gunakan RAM yang support dengan
motherboard yang digunakan. Jika menggunakan dua keping RAM, sebaiknya gunakan
RAM dari vendor dan kapasitas yang sama.
· Ganti RAM dengan yang baru.
Komputer blank dan tidak
mengeluarkan suara apapun, tetapi LED power pada casing hidup
Penyebab
· Pemasangan posesor tidak benar.
· Daya pada power supply tidak benar
atau tidak sesuai dengan standar yang ada.
· Setup BIOS rusak.
Solusi
· Pastikan pemasangan prosesor sudah
baik dan benar.
· Ganti power supply dengan yang baru.
· Upgrade atau ganti setup BIOS dengan
tipe yang sama.
Harddisk tidak terdeteksi saat
computer booting
Penyebab
· Pemasangan kabel power dan interface
yang tidak benar atau longgar.
· Pastikan jumper harddisk pada posisi
primary master.
· Kerusakan pada kabel power atau kabel
interface.
· Harddisk rusak.
Solusi
· Pastikan pemasangan kabel power dan
interface pada haddisk sudah baik dan benar.
· Pastikan kondisi setting jumper pada
harddisk tepat pada posisi master.
· Ganti kabel interface atau kabel data
dengan yang baru.
· Gunakan slot power yang lain dari
power supply.
·
Saat komputer booting, semua
berjalan lancar, tetapi terdapat tulisan “DISK FAILURE NOT READY OPERATING
SYSTEM….”
Penyebab
· Tidak ada sistem operasi yang
terinstal pada komputer.
Solusi
· Instal sistem operasi baru yang sesuai
dengan spesifikasi hardware komputer dan kebutuhan pengguna komputer.
Problem lain yang mungkin
terjadi
BIOS mengharuskan adanya
pasword setelah mengganti BIOS/batre baru. Solusinya adalah dengan mencari jumper (1x2/1x3) pada motherboard untuk
menghapus CMOS (CMOSCLR) atau hapus pasword (PWD CLR)
Saat
pertama kali anda menekan tombol power di komputer anda, maka proses booting
akan bekerja sampai selesai dan membawa anda ke halaman login atau di
system linuxyang anda gunakan. Tetapi apakah anda tahu sebenarnya
proses apa saja yang dikerjakan oleh system sampai bisa membawa anda ke tampilan
desktop yang siap untuk digunakan? jika anda belum mengetahuinya berikut adalah
penjelasannya, yang sengaja saya sharing untuk anda pengunjung setia blog ini.
Setidaknya ada 6 tahapan proses booting di system operasi linux, seperti yang dapat anda lihat pada gambar di bawah ini
Setidaknya ada 6 tahapan proses booting di system operasi linux, seperti yang dapat anda lihat pada gambar di bawah ini
1. BIOS
·
BIOS singkatan dari Basic Input Output System
·
Melakukan pemeriksaan pada semua hardware yang terintegrasi
dalam 1 komputer
·
Mencari, meload, dan menjalankan program boot loader
·
BIOS akan meload boot loader berupa floppy disk, CD, DVD, ,usb
disk, dan harddisk sesuai dengan setingan yang anda lakukan di BIOS, ada
beberapa computer yang bisa di atur urutan bootingnya dengan menekan tombol F2
atau F12.
·
Setelah program boot loader dideteksi dan dimuat ke memori, BIOS
akan mengontrol penuh semua hardware
·
Setelah semua dapat di control dengan baik BIOS akan menjalankan
boot loaderMBR
2. MBR
·
MBR singkatan dari Master Boot Record
·
Terdapat pada sektor pertama di bootable disk, biasanya di
/dev/hda, atau /dev/sda
·
MBR memiliki ukuran kurang dari 512 bytes, mempunyai 3 komponen
utama yaitu : info bootloader primer pada 466 bytes pertama, info partition table
pada 64 bit selanjutnya, dan pengecekan validasi MBR di 2 byte terakhir
·
MBR berisi informasi dari GRUB atau LILO
·
MBR akan mengeload dan mengeksekusi GRUB bootloader
3. GRUB
·
GRUB merupakan kepanjangan dari Grand Unified Bootloader.
·
Jika anda memiliki lebih dari satu kernel terinstall di system
anda, anda bisa memilih mana yang akan di jalankan
·
GRUB akan menampilkan splash screen agar anda dapat memilih
kernel/system mana yang akan anda jalankan, dalam beberapa menit jika anda
tidak memilih maka GRUB akan menjalankan kernel default sesuai dengan setingan
di file konfigurasi GRUB
·
GRUB berbeda dengan LILO, GRUB mengetahui jenis file system yang
anda gunakan sedangkan LILO tidak.
·
Anda dapat mengedit konfigurasi GRUB di /etc/grub.conf, berikut
adalah contoh file konfigurasi GRUB pada system operasi linux ubuntu yang
berada pada /etc/default/grub
·
GRUB hanya akan meload dan menjalankan Kernel dan initrd images.
4. Kernel
·
Akan memount system root sesuai dengan baris “root=” di file
grub.conf
·
kernel akan mengeksekusi program /sbin/init
·
Init akan memperoleh proses ID (PID) no 1, silahkan cek dengan
menggunakan perintah
·
ps -ef | grep init
·
Initrd merupakan singkatan dari Initial RAM Disk
Initrd digunakan oleh kernel sebagai temporary file sistem root sampai proses booting selesai, dan file sistem root sesungguhnya ter mount.
Initrd digunakan oleh kernel sebagai temporary file sistem root sampai proses booting selesai, dan file sistem root sesungguhnya ter mount.
5. Init
·
Memeriksa file /etc/inittab untuk menetapkan linux run level
·
Berikut adalah run level yang tersedia
0 – halt
1 – Single user mode
2 – Multiuser, without NFS
3 – Full multiuser mode
4 – unused
5 – X11
6 – reboot
1 – Single user mode
2 – Multiuser, without NFS
3 – Full multiuser mode
4 – unused
5 – X11
6 – reboot
·
Biasanya yang anda pakai adalah run level 3 atau 5
6. Runlevel Program
·
Saat system linux sedang
booting, anda akan mendapatkan beberapa service yang ada sedang di jalankan
biasanya tampil tulisan seperti berikut “starting sendmail …….. OK” dan
sebagainya, itulah yang disebut sebagai run level program.
·
tergantung pada pengaturan anda di init level, sistem akan
menjalankan program dari salah satu direktori berikut :
Run level 0 – /etc/rc.d/rc0.d/
Run level 1 – /etc/rc.d/rc1.d/
Run level 2 – /etc/rc.d/rc2.d/
Run level 3 – /etc/rc.d/rc3.d/
Run level 4 – /etc/rc.d/rc4.d/
Run level 5 – /etc/rc.d/rc5.d/
Run level 6 – /etc/rc.d/rc6.d/
Run level 1 – /etc/rc.d/rc1.d/
Run level 2 – /etc/rc.d/rc2.d/
Run level 3 – /etc/rc.d/rc3.d/
Run level 4 – /etc/rc.d/rc4.d/
Run level 5 – /etc/rc.d/rc5.d/
Run level 6 – /etc/rc.d/rc6.d/
- Kerusakan pada registry
system anda. Registry ini berfungsi menampilkan informasi serta
konfigurasi antara hardware dan software pada komputer anda. Terlalu
banyak sering gonta ganti software, install dan uninstall software atau
driver sering meninggalkan jejak pada registry. Jika registry system ada
yang rusak atau hilang, biasanya pc anda akan sering hang atau sering
terjadi crash pada sistem.
Solusi : Gunakan software untuk maintanance atau memperbaiki dan
membersihkan registry pada system anda, seperti registry cleaner, registry
defrag. Jadi anda tidak perlu membersihkan atau membereskannya secara manual.
Jika permasalahan pada komputer anda masih berlanjut, maka kita telusuri
penyebab kerusakan selanjutnya.
- File berantakan dan
tidak teratur rapi. Begitu banyak file yang anda miliki namun tidak
tersimpan rapi dalam harddisk anda, akan bisa menjadi penyebab komputer
anda sering crash atau hang. Kita sering memasukkan dan mengeluarkan
data, namun tidak rajin membersihkannya atau menata
susunannya. Sistem penempatan data
yang tersimpan pada windows selalu pada memori yang sedang kosong.
Solusi: Gunakan utility dari windows yang dinamakan disk
defragment. Atau anda juga bisa menggunakan software lainnya yang bertujuan
sama, merapihkan penempatan data pada memory harddisk anda. Jika permasalah
masih berlanjut, terlusuri lagi penyebab permasalahan selanjutnya.
- Terkena virus/malware.
Pastikan komputer anda punya sistem keamanan dari bahaya virus dan
malware. Selalu gunakan antivirus dan anti malware, spyware, pada
komputer anda. Virus sering bekerja untuk merusak sistem dan data pada
komputer, ini merupakan ancaman serius. Tak heran jika terjadi kerusakan
karena adanya virus, maka kinerja komputer akan tidak karuan, registry,
sistem dan data-data anda bisa rusak.
Solusi: Scan komputer anda dengan menggunakan anti virus dan
antimalware yang anda install pada komputer. Sembuhkan penyakitnya dengan
antivirus tersebut.
- Kapasitas harddisk sudah
terlalu penuh. Coba cek berapa jumlah sistem dan data yang tersimpan pada
harddisk anda. Jika kapasitas harddisk sudah mendekati penuh, atau sudah
terlalu banyak data, makan tidak menutup kemungkinan sistem komputer anda
bekerja lebih berat dan akan menyebabkan kelambatan pada kinerja komputer
anda.
Solusi: Cek data-data anda, yang tidak penting sebaiknya di hapus
saja, agar beban harddisk tidak terlalu berat. Bersihkan harddisk anda dari
sampah-sampahnya juga. Anda bisa gunakan software seperti CC Cleaner atau yang
lainnya untuk membersihkan sistem anda dari sampah-sampah data, dan
sampah-sampah bekas anda bekerja, dan bekas anda melakukan browsing atau
online.
PROSEDUR K3
Pimpinan atau pengusaha harus menyiapkan dan menyediakan :
1) Kesejahteraan,
keselamatan, dan kesehatan bagi karyawan/tenaga kerja di tempat kerja.
2) Akses
yang aman di tempat kerja]
3) Informasi,
pelatihan, dan supervise
Karyawan atau tenaga kerja harus :
1) Bekerja
sama dengan pimpinan dna tenaga kerja yang lain secara baik
2) Bekerja
dan menggunakan peraltan dengan aman
3) Memerhatikan
keselamatan dan kesehatan orang lain di tempat kerja
4) Bekerja
sesuai dengan peraturan atau prosedur kerja.
KASUS-KASUS KECELAKAAN ATAU GANGGUAN DALAM KEGIATAN
Pingsan (Syncope/collapse) yaitu
hilangnya kesadaran sementara karena otak kekurangan O2, lapar, terlalu banyak mengeluarkan tenaga, dehidrasi
(kekurangan cairan tubuh), hiploglikemia, animea.
Penanganan
1.
Baringkan korban dalam posisi terlentang
2.
Tinggikan tungkai melebihi tinggi jantung
3.
Longgarkan pakaian yang mengikat dan hilangkan barang yang
menghambat pernafasan
4.
Beri udara segar
5.
Periksa kemungkinan cedera lain
6.
Selimuti korban
7.
Korban diistirahatkan beberapa saat
8. Bila tak segera sadar >> periksa nafas dan nadi
>> posisi stabil >> Rujuk ke instansi kesehatan
Dehidrasi yaitu suatu keadaan dimana
tubuh mengalami kekurangan cairan. Hal
ini terjadi apabila cairan yang dikeluarkan tubuh melebihi cairan yang masuk. Keluarnya cairan ini biasanya disertai
dengan elektrolit (K, Na, Cl, Ca). Dehidrasi disebabkan karena kurang minum dan
disertai kehilangan cairan/banyak keringat karena udara terlalu panas atau
aktivitas yang terlalu berlebihan.
Penanganan
1.
Mengganti cairan yang hilang dan mengatasi shock
2.
mengganti elektrolit yang lemah
3.
Mengenal dan mengatasi komplikasi yang ada
4.
Memberantas penyebabnya
5.
Rutinlah minum jangan tunggu haus
Asma yaitu penyempitan/gangguan
saluran pernafasan.
Penanganan
1.
Tenangkan korban
2.
Bawa
ketempat yang luas dan sejuk
3.
Posisikan ½ duduk
4.
Atur nafas
5.
Beri oksigen (bantu) bila diperlukan
Pusing/Vertigo/Nyeri Kepala yaitu
sakit kepala yang disebabkan oleh kelelahan, kelaparan, gangguan kesehatan dll.
Penanganan
1.
Istirahatkan korban
2.
Beri minuman hangat
3.
beri obat bila perlu
4.
Tangani sesuai penyebab
Diketahui
V = 12 Volt
R1 = 2 KΩ = 2.000 Ω
R2 = 3 KΩ = 3.000 Ω
V = VR1 = VR2 = 12 V
V = 12 Volt
R1 = 2 KΩ = 2.000 Ω
R2 = 3 KΩ = 3.000 Ω
V = VR1 = VR2 = 12 V
Menghitung Resistansi
1/RTotal = 1/R1 + 1/R2 (rumus resistor paralel)
1/RTotal = 1/2.000 + 1/3.000
1/RTotal = 3/6.000 + 2/6.000 (samakan penyebutnya)
1/RTotal = 5/6.000
RTotal = 6.000/5
RTotal = 1.200 Ω atau 1.2 KΩ
1/RTotal = 1/R1 + 1/R2 (rumus resistor paralel)
1/RTotal = 1/2.000 + 1/3.000
1/RTotal = 3/6.000 + 2/6.000 (samakan penyebutnya)
1/RTotal = 5/6.000
RTotal = 6.000/5
RTotal = 1.200 Ω atau 1.2 KΩ
Menghitung Arus
V = I x R (hukum Ohm)
I = V / R
ITotal = V/RTotal
ITotal = 12 / 1.200
ITotal = 0.01 A atau 10 mA
V = I x R (hukum Ohm)
I = V / R
ITotal = V/RTotal
ITotal = 12 / 1.200
ITotal = 0.01 A atau 10 mA
Konversi
Bilangan
Biner,decimal,octal,hexadecimal
public class Perulangan {
public static void main (String[]arg){
int i=1;
int j=5;
for (i=1;i<=5;i++)
{
System.out.println();
for(j=1;j<=i;j++){
System.out.print(i);}
}
<pre>
<blockquote>program aritha_pascal;
uses wincrt;
function luassegitiga(alas: integer; tinggi:integer) : real;
var luas:real;
begin
luas:= alas*tinggi/2;
luassegitiga:= luas;
end;
var a,t:integer;
luas : real;
begin
writeln('-======Program Fungsi Luas segitiga======-');
writeln;
write('masukkan nilai alas : '); readln(a);
write('masukkan nilai tinggi : '); readln(t);
write('luas segitiga adalah : ', <span
style="color: red;" color="red">luassegitiga(a,t):0:2</span>);
end.</blockquote>
</pre>
</pre>
<blockquote>program aritha_pascal;
uses wincrt;
procedure nama;
var nm: string;
begin
write('masukkan nama anda ');
readln(nm);
write('haloo ', nm);
end;
begin
writeln('-======Program Procedure Input Nama======-');
nama;
end.</blockquote>
<pre>
Normal Form
Data yang direkam dan
dimasukkan secara mentah dalam suatu tabel pada bentuk ini sangat mungkin
terjadi inkonsistensi dan anomali data
Contoh Normal Form
Contoh normal form
Pada bentuk ini ada
beberapa ciri ciri yang penting, yang pertama adalah akan terjadi anomali dalam
insert, update, dan delete. Hal ini menyebabkan beberapa fungsi DML dalam SQL tidak dapat berjalan dengan baik.
Sebagai contoh jika ingin menghapus penerbit maka data judul buku akan ikut
terhapus begitu juga jika ingin menghapus peminjam, maka data penerbit dan buku
yang harusnya tidak terhapus akan ikut hilang.
First Normal Form (1NF)
Bentuk normal yang
pertama atau 1NF mensyaratkan beberapa kondisi dalam sebuah database, berikut
adalah fungsi dari bentuk normal pertama ini.
·
Menghilangkan duplikasi
kolom dari tabel yang sama.
·
Buat tabel terpisah untuk
masing-masing kelompok data terkait dan mengidentifikasi setiap baris dengan
kolom yang unik (primary key).
Contoh Normalisasi
Database 1NF
Normalisasi Database 1NF
Pada intinya bentuk
normalisasi 1NF ini mengelompokkan beberapa tipe data atau kelompok data yang
sejenis agar dapat dipisahkan sehingga anomali data dapat di atasi. Contoh
adalah ketika kita ingin menghapus, mengupdate, atau menambahkan data peminjam,
maka kita tidak bersinggungan dengan data buku atau data penerbit. Sehingga
inkonsistensi data dapat mulai di jaga.
Second normal form (2NF)
Syarat untuk menerapkan
normalisasi bentuk kedua ini adalah data telah dibentuk dalam 1NF, berikut
adalah beberapa fungsi normalisasi 2NF.
·
Menghapus beberapa subset
data yang ada pada tabel dan menempatkan mereka pada tabel terpisah.
·
Menciptakan hubungan
antara tabel baru dan tabel lama dengan menciptakan foreign key.
·
Tidak ada atribut dalam
tabel yang secara fungsional bergantung pada candidate key tabel tersebut.
Contoh normalisasi
database bentuk 2NF
Contoh Normalisasi
Database 2NF
Contoh di atas kita
menggunakan tabel bantuan yaitu tabel transaksi, pada intinya bentu kedua ini
adalah tidak boleh ada field yang berhubungan dengan field lainnya secara
fungsional. Contoh Judul Buku tergantung dengan id_Buku sehingga dalam bentuk
2NF judul buku dapat di hilangkan karena telah memiliki tabel master
tersendiri.
Third Normal Form (3NF)
Normalisasi database
dalam bentuk 3NF bertujuan untuk menghilangkan seluruh atribut atau field yang
tidak berhubungan dengan primary key. Dengan demikian tidak ada ketergantungan
transitif pada setiap kandidat key. Syarat dari bentuk normal ketiga atau 3NF
adalah :
·
Memenuhi semua
persyaratan dari bentuk normal kedua.
·
Menghapus kolom yang
tidak tergantung pada primary key.
Contoh Normalisasi
Database Bentuk 3NF
Tidak semua kasus atau
tabel dapat kita sesuaikan dengan berbagai bentuk normalisasi ini, untuk contoh
3NF kita akan mengambil contoh dari tabel order.
Normalisasi Database
Bentuk 3NF
Pada tabel pertama di
atas, apakah semua kolom sepenuhnya tergantung pada primary key? tentu tidak,
hanya saja ada satu field yaitu total yang bergantung pada harga dan jumlah,
total dapat dihasilkan dengan mengalikan harga dan jumlah. Bentuk 3NF dalam
tabel di atas dapat dilakukan dengan membuang field Total.
Perintah DDL : Create, Alter, Describe, Drop, Rename
Perintah DML :
Select, Insert, Update, Delete
Perintah DCL :
Grand, Revoke
Diasumsikan
terdapat tabel user yang berisi data sebagai berikut.
username passwd tanggal_lahir jml_transaksi total_transaksi
Aris 6487AD5EF 09-09-1987 6 10.000
Budi 97AD4erD 01-01-1994 0 0
Charlie 548794654 06-12-1965 24 312.150
Daniel FLKH947HF 24-04-1980 3 0
Erik 4RER54 17-08-1945 34 50.000
Contoh 1: Tampilkan seluruh data.
SELECT *
FROM user
Contoh 2: Tampilkan pengguna yang tidak pernah bertransaksi.
SELECT *
FROM user
WHERE total_transaksi = 0
Contoh 3: Tampilkan username pengguna yang bertransaksi
kurang dari 10 dan nilainya lebih dari 1.000.
SELECT username
FROM user
WHERE jml_transakai < 10 AND total_transaksi > 1000
Contoh 4: Tampilkan total nominal transaksi yang sudah
terjadi.
SELECT SUM(total_transaksi) AS total_nominal_transaksi
FROM user
Contoh 5: Tampilkan seluruh data diurutkan berdasarkan
jumlah transaksi terbesar ke terkecil.
SELECT *
FROM user
ORDER BY jml_transaksi DESC
Koneksi Database pada VB 6.0
Dim db As Connection
Dim rs As Recordset
Sub koneksi()
Set db = New Connection
db.CursorLocation = adUseClient
db.Open "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=" & App.Path & "\db_barang.mdb;Persist Security Info=False"
End Sub
Dim rs As Recordset
Sub koneksi()
Set db = New Connection
db.CursorLocation = adUseClient
db.Open "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=" & App.Path & "\db_barang.mdb;Persist Security Info=False"
End Sub
Koneksi Database pada Java
import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.SQLException;
public class Koneksi {
private Connection connect;
private String driverName = "com.mysql.jdbc.Driver"; // Driver Untuk Koneksi Ke MySQL
private String jdbc = "jdbc:mysql://";
private String host = "localhost:"; // Bisa Menggunakan IP Anda, Cnth : 192.168.100.100
private String port = "3306/"; // Port ini port MySQL
private String database = "ztutorial"; // Ini Database yang akan digunakan
private String url = jdbc + host + port + database;
private String username = "root"; // username default mysql
private String password = "";
public Connection getKoneksi() throws SQLException {
if (connect == null) {
try {
Class.forName(driverName);
System.out.println("Class Driver Ditemukan");
try {
connect = DriverManager.getConnection(url, username, password);
System.out.println("Koneksi Database Sukses");
} catch (SQLException se) {
System.out.println("Koneksi Database Gagal : " + se);
System.exit(0);
}
} catch (ClassNotFoundException cnfe) {
System.out.println("Class Driver Tidak Ditemukan, Terjadi Kesalahan Pada : " + cnfe);
System.exit(0);
}
}
return connect;
} }
Jenis Protokol Pada Jaringan
- TCP/IP (singkatan dari
Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. - UDP ( User Datagram Protokol)
UDP, singkatan dari User Datagram
Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung
komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara
host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Protokol ini didefinisikan
dalam RFC 768.
- Domain Name System (DNS)
Domain Name System (DNS) adalah
distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name
resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP
- Point-to-Point Protocol
Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). - Serial Line Internet
Protocol
Serial Line Internet Protocol dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Disingkat dengan SLIP. Sebuah protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon. - Internet Control Message
Protocol (ICMP)
adalah salah satu protokol inti dari keluarga. ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. - POP3 (Post Office
Protocol)
- POP3 adalah kepanjangan
dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk
mengambil email dari email server.
- IMAP (Internet Message
Access Protocol)
IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. - SMTP (Simple Mail
Transfer Protocol)
adalah suatu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. - HTTP (Hypertext Transfer
Protocol)
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). - HTTPS
HTTPS adalah versi aman dari HTTP,
protokol komunikasi dari World Wide Web.
- SSH (Sucure Shell)
SSH adalah protocol jaringan yang memungkinkan pertukaran data secara aman antara dua komputer. SSH dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh mengirim file, membuat Tunnel yang terrenkripsi dan lain-lain. - FTP ( File Transfer
Protocol )
FTP ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork - Telnet (Telecommunication
network)
Adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama.
Cek ketersambungan IP Address
Ping alamat Ip yang
dicek
Contoh : ping 192.168.9.100 -
artinya kita mengecek apakah ip tersebut terkoneksi
Cek nya di computer dengan IP address
lain
Table dan table view
Perintah SQL
terbagi menjadi :
a. DDL (Data Definition
Language)
Adalah Suatu Perintah
SQL untuk Mendefinisikan Struktur Database.
· Create: untuk membuat
object didalam Database ( database,table,view,procedure,function, trigger,
Package dll).
Contoh
: Create Database Pendidikan;
Create
Table Siswa(NIS char(4) not null primary key,
nama_siswa
char(25) not null,alamat varchar(30) not null );
mysql>create table
siswa
‘->
(
‘->
nis char(4),
‘->
nama_siswa char(25),
‘->
alamat varchar(30)
‘->
);
· Alter:untuk mengubah
struktur dari suatu object dalam database
a. Add : Untuk merubah dan
menambah field atau kolom baru
Contoh : Alter table
siswa add jenis_kelamin char(1);
b. Change : untuk merubah
nama field/kolom
Contoh : alter table siswa
change alamat alm_siswa char(25);
c. Modify : untuk merubah
type data field/kolom tanpa menyebutkan field lama
contoh:alter table siswa
modify alamat varchar(25);
d. Drop column : menghapus
field/kolom tertentu.
Contoh:alter table siswa
drop column alamat;
· Describe : untuk meliht
struktur table yang telah dibuat.
Contoh : describe siswa;
· Drop:Untuk menghapus
object dalam suatu Database.
Contoh : Drop table
Siswa;
· Truncate:Untuk
membersihkan isi table beserta alokasi space didalamnya.
Contoh : Truncate table
Siswa;
· Rename:Mengganti nama
object dalam database.
Contoh:alter table siswa
rename data_siswa;
a. DML(Data Manipulation
Language)
adalah Suatu Perintah
SQL yang digunakan untuk mengorganisir data dengan menggunakan skema object.
· Select :Untuk menyeleksi
/ menampilkan data dari dalam database.
Contoh : select * from
Siswa
Select
NIS,nama_siswa,alamat from Siswa
1. Order by digunakan untuk
mengurutkan hasil
asc =
ascending,mengurutkan kecil ke besar
desc = descending
mengurutkan besar ke kecil
Contoh:select * from
siswa order by NIS desc;
2. Operator relational
(perbandingan 2 buah nilai)
a. Select * from siswa
where jenis_kel=”P”;
b. Select * from siswa
where tgllahir between ’1995-01-01’ and ‘1997-12-31’
c. Select * from siswa
where nama like ‘a%’;
· Insert : Untuk menginput
record dalam suatu table
Contoh : insert into
Siswa(NIS,nama_siswa,Alamat) values(‘1234’,’Ikhwan’,’Jl. Sehat I Pkl’)
· Update:Untuk melakukan
update record dari table
Contoh : update Siswa
set alamat=’Jl. Sakit pkl’ where nis=’1234’;
· Delete : Untuk menghapus
Record dari table
Contoh:delete from Siswa
where NIS=’1234’;
c. DCL(Data Control
Language)
1. GRANT
2. REVOKE
Table html
<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<table border="1"
style="width:100%">
<tr>
<td>Jill</td>
<td>Smith</td>
<td>50</td>
</tr>
<tr>
<td>Eve</td>
<td>Jackson</td>
<td>94</td>
</tr>
<tr>
<td>John</td>
<td>Doe</td>
<td>80</td>
</tr>
</table>
</body>
</html>
Hasil :
Link HTML
<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<p><a
href="http://www.w3schools.com/html/">Visit our HTML
tutorial</a></p>
</body>
</html>
Hasil :
http://www.4shared.com/office/MIqGJZLBce/2072-KST-Rekayasa_Perangkat_Lu.html
Download Soal :
1. Soal UN 2013/2014
2. Soal UN 2011/2012
3. Soal UN 2009/2010
4. Soal UN 2008/2009
0 comments:
Post a Comment